February 28, 2017 Vinny Farandy 0Comment
Travel Mudik Lebaran Aman dan Selamat
Travel Mudik Lebaran Aman dan Selamat

Mudik menjadi satu hal yang tak terpisahkan dari perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Hari besar keagamaan memang menjadi momentum yang tepat untuk berkumpulnya seluruh anggota keluarga, terutama yang merantau ke luar kota. Apalagi, dengan adanya hari libur dan cuti bersama yang panjang, membuat para perantau yang bekerja di luar kota akan selalu menyempatkan waktunya pulang ke kampung halaman di hari raya. Travel mudik Lebaran ini juga selalu meninggalkan persoalan tersendiri setiap tahun, yaitu trafik kemacetan yang tinggi terutama untuk para pemudik yang berasal dari Jakarta.

Tak sedikit pula pemudik yang jatuh sakit di tengah jalan. Pada kasus macet horor di tol Brexit tahun 2015 lalu, bahkan tercatat ada belasan orang meninggal dunia. Macet pada saat travel mudik Lebaran memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Bahkan, angka pemudik yang pulang kampung tiap tahunnya terus bertambah. Hal ini karena semakin banyak juga orang-orang yang merantau ke luar kota khususnya Jakarta. Agar perjalanan mudik tetap aman serta selamat, selalu ingat untuk mengecek kondisi kendaraan yang hendak digunakan untuk perjalanan jauh. Pastikan mesin dalam keadaan baik dan bahan bakar telah terisi penuh. Kendaraan yang digunakan untuk mudik juga sebaiknya tidak terlalu penuh terisi orang serta barang agar tidak menimbulkan suasana yang pengap.

Bawalah air putih atau makanan ringan dalam perjalanan dalam jumlah yang cukup. Ini akan membantu saat kita terjebak dalam kemacetan dan tidak menemukan penjual makanan dalam waktu yang lama. Sediakan juga obat-obatan apabila diperlukan, terutama untuk pemudik yang memiliki penyakit khusus dan harus diringankan menggunakan obat tertentu. Keluar sebentar dari kendaraan selama macet juga dapat dilakukan untuk mendapat udara segar. Kemacetan memang tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun untuk mencegah kejadian terburuk selama terjadi kemacetan di kala travel mudik. Yang tak kalah pentingnya adalah tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menghormati pengendara serta pengguna jalan lain selama berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *