November 6, 2017 Vinny Farandy 0Comment

Shopping dan wanita adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Selain itu, aktivitas tawar menawar juga menjadi kegiatan terfavorit para wanita ketika melakukan shopping. Meski tentu saja, shopping sambil menawar ini hanya bisa dilakukan di pasar tradisional dan pusat grosir tertentu yang memang tidak membanderol harganya secara tetap dan masih membuka peluang penawaran.

Kenapa wanita hobi menawar? Mungkin karena hal ini sudah ada dan mengalir di darah setiap wanita ya. Berbelanja dan mampu menawar dengan harga rendah menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita. Meski harus bolak balik hingga pasang aksi sok jual mahal dan akhirnya membuang banyak waktu, kepuasaan membawa pulang barang hasil menawar itu tak ada duanya. Meski selisih harga yang di dapat hanya sekitar seribu, dua ribu hingga beberapa belas ribu, tapi wanita sanggup menghabiskan energi dan waktunya hanya demi melakukan kegiatan ‘menyenangkan’ yang satu ini.

Berikut beberapa tips menawar yang oke ketika shopping agar acara shopping Anda berjalan lancar dan menyenangkan :

  • Cari tahu harga pasar

Pertama, Anda bisa cari tahu harga pasaran barang yang ingin Anda beli. Bisa via online shop atau cara lainnya. Setelah itu Anda sudah punya perhitungan harga berapa yang wajar Anda tawarkan ketika berhadapan langsung dengan penjualnya.

  • Tawar maksimal setengah harga

Misalnya ketika Anda ditawari harga barang senilai rp. 100.000,- maka tawaran maksimal yang masuk akal adalah rp. 50.000,-. Biasanya harga asli barang adalah sepertiga dari harga yang diajukan pedagang.

  • Segera pergi ketika harga tak cocok

Jangan tampakkan wajah terlalu membutuhkan dan segera pergi ketika harga yang Anda tawarkan tidak mengalami kesepakatan. Jika pedagang memanggil Anda kembali, berarti harga yang Anda tawarkan masih dapat diterima.

  • Ketika pedagang bersikeras

Saat pedagang kekeuh dan tidak memanggil Anda kembali ketika Anda berlalu, itu artinya harga yang Anda tawarkan tidak bisa diterima karena terlalu rendah. Anda bisa mencari pedagang lain dan memberikan penawaran sedikit lebih tinggi dari harga yang Anda tawarkan sebelumnya.

Well, tawar menawar memang salah satu kegiatan yang menantang dan mengasyikkan. Tetapi ingat, para pedagang mengeluarkan modal dan tenaga yang tak sedikit ketika menggelar dagangannya. Jadi, usahakan menawarlah dengan rasional dan bersikap sopan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *